Sepuluh kelompok umat Nabi Muhammad yang amalannya sia-sia**
وعن معاذِ بن جبلٍ قالَ:
" قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ ؛ أرَأيْتَ قَوْلَهُ تَعَالَى : {يَوْمَ
يُنفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجاً}؟ قَالَ: "يَا مُعَاذُ سَأَلْتَ
عَنْ عَظِيمٍ مِنَ الأَمْرِ " ثُمَّ بَكَى رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم
وَقَالَ: "يَا مُعَاذُ يُحْشَرُ النَّاسُ عَشْرَةَ أصْنَافٍ مِنْ أُمَّتِي
أشْتَاتاً قَدْ بَدَّلَ اللهُ صُوَرَهُمْ وَغَيَّرَهُمْ مِنْ جَمَاعَةِ
الْمُسْلِمِينَ، فَبَعْضُهُمْ عَلَى صُورَةِ الْقِرَدَةِ، وَبَعْضُهُمْ عَلَى
صُورَةِ الْخَنَازير، وَبَعْضُهُمْ مُنَكَّسُونَ
عَلَى رُؤُوسِهِمْ وَأرْجُلُهُمْ فَوْقَ
وُجُوهِهِمْ يُسْحَبُونَ وَبَعْضُهُمْ عُمْيٌ يَتَرَدَّدُونَ، وَبَعْضُهُمْ صُمٌّ بُكْمٌ لاَ
يَعْقِلُونَ، وَبَعْضُهُمْ يَمْضُغُونَ ألْسِنَتَهُمْ وَهِيَ مُدَلاَّةٌ عَلَى صُدُورهِمْ، يَسِيلُ
الْقَيْحُ مِنْ أفْوَاهِهِمْ لُعَاباً يَتَقَذرُهُمْ
أهْلُ الْجَمْع، وَبَعْضُهُمْ مُقَطَّعَة أيْدِيهِمْ وَأرْجُلُهُمْ، وَبَعْضُهُمْ مُصَلَّبُونَ
عَلَى جُذُوعٍ مِنْ نَارٍ، وَبَعْضُهُمْ أشَدُّ نَتْناً مِنَ الْجِيَف،
وَبَعْضُهُمْ يَلْبَسُونَ جِبَاباً( مِنْ قَطِرَانٍ لاَزقَة بجُلُودِهِمْ.
Dari Mu’adz bin Jabal berkata “aku bertanya: Ya Rosululloh,
bagaimana pendapat engkau tentang ayat Alloh
{ يَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ
أَفْوَاجاً }? Rosululloh menjawab: Ya Mu’adz, egkau telah bertanya sebuah
perkara yang amat besar. Kemudian Rosululloh saw menangis, kemudian bersabda:
Hai Mu’adz, manusia dari ummatku akan digiring pada hari itu ke dalam sepuluh
kelompok yang Alloh telah merubah fisik mereka dan mengeluarkan mereka dari
jamaah orang-orang Islam. Sebagian digiring dalam bentuk kera, sebagian dalam
bentuk babi, sebagian berjalan terbalik diatas wajah-wajah mereka sedang kaki
mereka berada diatas kepala mroncal-mroncal (jawa). Sebagian digiring dalam
kedaan buta dan bingung, sebagian bisu, tuli tidak tahu apa-apa, Sebagian
menggigit lidah mereka sementara lidah mereka menjulur sampai dada mereka, dari
mulut mereka mengalir nanah bercampur darah sehingga mengotori teman-teman
mereka. Sebagian digiring dalam keadaan buntung tangan dan kaki mereka, dan
sebagain disalib di tiang api neraka, sebagian digiring dalam kondisi berbau
sangat busuk, dan sebagian digiring dalam keadaan berpakaian tir yang panas
yang selalu melekat pada tubuh mereka.
فَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صُورَةِ الْقِرَدَةِ النَّمَّامُونَ،
وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صُورَةِ الْخَنَازيرِ الأَكَّالُونَ السُّحْتَ ،
وَالَّذِينَ هُمْ مُنَكَّسُونَ عَلَى رُؤُوسِهِمْ أكَلَةُ الرِّبَا، وَالْعُمْيَانُ
الْجَائِرُونَ فِي الْحُكْمِ، وَالصُّمُّ الْبُكْمُ هُمُ الَّذِينَ يُعْجَبُونَ
بأَعْمَالِهِمْ، وَالَّذِينَ يَمْضُغُونَ ألْسِنَتَهُمْ الْعُلَمَاءُ الوُعَّاظُ
الَّذِينَ خَالَفَ قَوْلُهُمْ أعْمَالَهُمْ، وَالْمُقَطَّعَةُ أيْدِيهِمْ
وَأرْجُلُهُمْ الَّذِينَ يُؤْذُونَ الْجِيرَانَ، وَالْمُصَلَّبُونَ عَلَى جُذُوعِ
النَّار السُّعَاةُ إلَى السُّلْطَانِ، وَالَّذِينَ هُمْ أشَدُّ
نَتْناً مِنَ الْجِيَفِ هُمُ الَّذِينَ يَتَنَعَّمُونَ باللَّذاتِ
وَالشَّهَوَاتِ، وَمَنَعُوا حَقَّ اللهِ مِنْ أمْوَالِهِمْ، وَالَّذِينَ
يَلْبَسُونَ الْجِبَابَ هُمْ أهْلُ الْكِبْر
وَالْفُجُور وَالْخُيَلاَءِ
Adapun orang-orang yang digiring daalm bentuk kera adalah orang
yang selalu adu domba. Dan yang digiring dalam bentuk babi adalah pemakan السُّحْتَ*. Adapun orang yang digiring terbalik kaki
dan kepala mereka adalah pemakan riba. Adapun orang yang bingung adalah orang yang
dzolim/urik dalam bidang hukum. Sedangkan orang yang bisu dan tuli adalah orang
yang taajub terhadap prestasi/karya mereka. Dan orang yang menggigit lidah
mereka adalah para ulama yang selalu memeberi nasehat dapi amal mereka bertolak
belakang dengan ucapan mereka. Sedangkan orang yang buntung kaki dan tangan
mereka adalah orang yang menyakiti tetangga. Dan yang disalib di tiang api
neraka adalah orang yang curang dalam memperoleh jabatan. Sedangkan orang yang
berbau lebih busuk dari bangkai adalah orang yang mengikuti nafsu merek untuk
kesenangan dunia sementara mereka enggan memberikan hak-hak Alloh. Dan orang
yang memakai jubah dari tir yang panas adalah orang yang congkak, maksiat dan
sombong.
Note:
1.
** Tafsir Al Imam At Thobaroni
2.
* Ibnu Abbas = suap
3. *Ibn
Hajar = الرشوة في الحكم
4. *Penghasilan
yang tidak halal.
Naudzubillahiminsyarridzalik..
BalasHapusSemoga kita bukan termasuk golongan orang-orang tersebut..