Senin, 30 Desember 2013

SEPULUH KELOMPOK UMAT NABI MUHAMMAD yang amalannya sia-sia



Sepuluh kelompok umat Nabi Muhammad yang amalannya sia-sia**

وعن معاذِ بن جبلٍ قالَ: " قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ ؛ أرَأيْتَ قَوْلَهُ تَعَالَى : {يَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجاً}؟ قَالَ: "يَا مُعَاذُ سَأَلْتَ عَنْ عَظِيمٍ مِنَ الأَمْرِ " ثُمَّ بَكَى رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَقَالَ: "يَا مُعَاذُ يُحْشَرُ النَّاسُ عَشْرَةَ أصْنَافٍ مِنْ أُمَّتِي أشْتَاتاً قَدْ بَدَّلَ اللهُ صُوَرَهُمْ وَغَيَّرَهُمْ مِنْ جَمَاعَةِ الْمُسْلِمِينَ، فَبَعْضُهُمْ عَلَى صُورَةِ الْقِرَدَةِ، وَبَعْضُهُمْ عَلَى صُورَةِ الْخَنَازير، وَبَعْضُهُمْ مُنَكَّسُونَ  عَلَى رُؤُوسِهِمْ وَأرْجُلُهُمْ فَوْقَ وُجُوهِهِمْ يُسْحَبُونَ وَبَعْضُهُمْ عُمْيٌ يَتَرَدَّدُونَ، وَبَعْضُهُمْ صُمٌّ بُكْمٌ لاَ يَعْقِلُونَ، وَبَعْضُهُمْ يَمْضُغُونَ ألْسِنَتَهُمْ وَهِيَ مُدَلاَّةٌ عَلَى صُدُورهِمْ، يَسِيلُ الْقَيْحُ مِنْ أفْوَاهِهِمْ لُعَاباً  يَتَقَذرُهُمْ  أهْلُ الْجَمْع، وَبَعْضُهُمْ مُقَطَّعَة  أيْدِيهِمْ وَأرْجُلُهُمْ، وَبَعْضُهُمْ مُصَلَّبُونَ عَلَى جُذُوعٍ مِنْ نَارٍ، وَبَعْضُهُمْ أشَدُّ نَتْناً مِنَ الْجِيَف، وَبَعْضُهُمْ يَلْبَسُونَ جِبَاباً( مِنْ قَطِرَانٍ لاَزقَة بجُلُودِهِمْ.

Dari Mu’adz bin Jabal berkata “aku bertanya: Ya Rosululloh, bagaimana pendapat engkau tentang ayat Alloh  { يَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجاً }? Rosululloh menjawab: Ya Mu’adz, egkau telah bertanya sebuah perkara yang amat besar. Kemudian Rosululloh saw menangis, kemudian bersabda: Hai Mu’adz, manusia dari ummatku akan digiring pada hari itu ke dalam sepuluh kelompok yang Alloh telah merubah fisik mereka dan mengeluarkan mereka dari jamaah orang-orang Islam. Sebagian digiring dalam bentuk kera, sebagian dalam bentuk babi, sebagian berjalan terbalik diatas wajah-wajah mereka sedang kaki mereka berada diatas kepala mroncal-mroncal (jawa). Sebagian digiring dalam kedaan buta dan bingung, sebagian bisu, tuli tidak tahu apa-apa, Sebagian menggigit lidah mereka sementara lidah mereka menjulur sampai dada mereka, dari mulut mereka mengalir nanah bercampur darah sehingga mengotori teman-teman mereka. Sebagian digiring dalam keadaan buntung tangan dan kaki mereka, dan sebagain disalib di tiang api neraka, sebagian digiring dalam kondisi berbau sangat busuk, dan sebagian digiring dalam keadaan berpakaian tir yang panas yang selalu melekat pada tubuh mereka.


فَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صُورَةِ الْقِرَدَةِ النَّمَّامُونَ، وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صُورَةِ الْخَنَازيرِ الأَكَّالُونَ السُّحْتَ ، وَالَّذِينَ هُمْ مُنَكَّسُونَ عَلَى رُؤُوسِهِمْ أكَلَةُ الرِّبَا، وَالْعُمْيَانُ الْجَائِرُونَ فِي الْحُكْمِ، وَالصُّمُّ الْبُكْمُ هُمُ الَّذِينَ يُعْجَبُونَ بأَعْمَالِهِمْ، وَالَّذِينَ يَمْضُغُونَ ألْسِنَتَهُمْ الْعُلَمَاءُ الوُعَّاظُ الَّذِينَ خَالَفَ قَوْلُهُمْ أعْمَالَهُمْ، وَالْمُقَطَّعَةُ أيْدِيهِمْ وَأرْجُلُهُمْ الَّذِينَ يُؤْذُونَ الْجِيرَانَ، وَالْمُصَلَّبُونَ عَلَى جُذُوعِ النَّار السُّعَاةُ  إلَى السُّلْطَانِ، وَالَّذِينَ هُمْ أشَدُّ نَتْناً مِنَ الْجِيَفِ  هُمُ الَّذِينَ يَتَنَعَّمُونَ باللَّذاتِ وَالشَّهَوَاتِ، وَمَنَعُوا حَقَّ اللهِ مِنْ أمْوَالِهِمْ، وَالَّذِينَ يَلْبَسُونَ الْجِبَابَ  هُمْ أهْلُ الْكِبْر وَالْفُجُور وَالْخُيَلاَءِ  

Adapun orang-orang yang digiring daalm bentuk kera adalah orang yang selalu adu domba. Dan yang digiring dalam bentuk babi adalah pemakan السُّحْتَ*. Adapun orang yang digiring terbalik kaki dan kepala mereka adalah pemakan riba. Adapun orang yang bingung adalah orang yang dzolim/urik dalam bidang hukum. Sedangkan orang yang bisu dan tuli adalah orang yang taajub terhadap prestasi/karya mereka. Dan orang yang menggigit lidah mereka adalah para ulama yang selalu memeberi nasehat dapi amal mereka bertolak belakang dengan ucapan mereka. Sedangkan orang yang buntung kaki dan tangan mereka adalah orang yang menyakiti tetangga. Dan yang disalib di tiang api neraka adalah orang yang curang dalam memperoleh jabatan. Sedangkan orang yang berbau lebih busuk dari bangkai adalah orang yang mengikuti nafsu merek untuk kesenangan dunia sementara mereka enggan memberikan hak-hak Alloh. Dan orang yang memakai jubah dari tir yang panas adalah orang yang congkak, maksiat dan sombong.
Note:
1.       ** Tafsir  Al Imam At Thobaroni
2.       * Ibnu Abbas = suap
3.   *Ibn Hajar   = الرشوة في الحكم
4.   *Penghasilan yang tidak halal.

1 komentar:

  1. Naudzubillahiminsyarridzalik..
    Semoga kita bukan termasuk golongan orang-orang tersebut..

    BalasHapus