Minggu, 03 Maret 2013

Yang Harus Dilakukan Saat Lupa Nama Lawan Bicara


Sulit mengingat nama orang sering membuat Anda jengkel? Menurut psikolog dari Jerman, Christian Merz, situasi yang penuh stres sering kali menjadi penyebab kebiasaan ini. "Stres dapat membuat hormon kortisol menanjak tajam, sehingga daya ingat menjadi menurun. Selain itu, meningkatnya hormon norepinephrine juga membuat Anda semakin sulit mengingat hal-hal yang sifatnya mendetail," begitu penjelasan dari Merz.

Agar dapat lebih baik dapat mengingat nama, tentu saja kondisi hormon-hormon stres harus selalu terkendali. Namun, daripada memikirkan bagaimana cara mengendalikan kedua hormon ini, lebih baik ikut langkah-langkah praktis dari Merz berikut ini:

1. Hubungkan namanya dengan sesuatu yang menjelaskan tentang orang itu. Misalnya, Gina Genit, karena teman Anda Gina ini punya gaya bicara yang agak genit.

2. Ambil jeda sejenak ketika lawan bicara menyebutkan nama. Alih-alih langsung mengobrol panjang-lebar tentang topik pembicaraan yang sedang hangat, ada baiknya Anda menyebut nama orang itu sekali lagi. Kemudian, sebut sekali lagi di dalam hati agar lebih lengket di otak, barulah meneruskan pembicaraan.

3. Salah sebut nama, jangan panik. Sebab, kalau Anda panik, hormon stres langsung naik dan di saat lawan bicara menyebutkan namanya, Anda akan gagal lagi mengingatnya. Lebih baik tetaplah tenang, minta maaf, lalu mintalah dia mengoreksi namanya. Kemudian, hilangkan rasa canggung dan lanjutkan obrolan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar